Penyebab Radang Paru Paru Pada Bayi Baru Lahir

Obat Paru Paru BasahPenyebab Radang Paru Paru Pada Bayi Baru Lahir – Pada kasus paru paru basah bagian paru seperti lobus, alveolus atau jaringan pendukung lainnya mengalami peradangan.

Radang paru paru atau paru paru basah pneumonia merupakan salah satu penyakit ISPA( Infeksi Saluran Pernafasan Akut) yang termasuk kategori penyakit berbahaya meski jenisnya sama seperti penyakit flu, batuk, pilek, sinusitis, radang tenggorokan dan amandel yang termasuk ke dalam ISPA.

Penting untuk segera mendekteksi dan mengobati anak bayi yang mengalami pneumonia.

Mendeteksi secara dini radang paru paru pada bayi dapat menyelamatkan nyawa bayi, Ini karena banyak kasus menunjukan lambatnya penanganan radang paru paru pada bayi akibat dari telatnya diagnosis dan pengobatan radang paru paru pada bayi.

WHO pun mencatat bahwa pneumonia atau radang paru paru menjadi penyakit yang termasuk ke dalam 10 daftar penyakit pembunuh bayi.

Penyebab Radang Paru Paru Pada Bayi Baru Lahir

Pada bayi yang baru lahir memang akan sedikit sulit mengenali gejala nya namun jika di perhatikan gejala pneumonia radang paru paru pada bayi bisa terlihat, Seperti:

  • Sukar di suapi
  • Gelisah
  • Rewel
  • Bernafas cepat
  • Mendengkur
  • Kadar oksigen rendah

Ketua Unit Kerja Koordinasi Respiatory Ikatan Dokter Anak Indonesia, Nastiti Kaswandani,Menjelaskan akan Penyebab Radang Paru Paru Pada Bayi Baru Lahir.

Menurutnya ada 4 hal yang paling banyak menjadi Penyebab Radang Paru Paru Pada Bayi Baru Lahir.

Pertama Adalah Malnutrisi

Pada masa bayi dibutuhkan cukup banyak nutrisi untuk proses tumbuh kembang dan daya tahan tubuhnya. Ketika bayi malnutrisi atau kekurangan nutrisi maka daya tahan tubuhnya yang belum sempurna akan mudah di serang.

Sehingga menjadi sasaran empuk bagi bakteri radang paru paru basah untuk menyerang.

Nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir adalah ASI, Sehingga bisa jadi bayi kekurangan ASI yang menyebabkan tubuhnya mudah terinfeksi radang paru paru.

Kedua Faktor Imunisasi

Sebagian orang tua meras perlu tidak perlu untuk memberikan anaknya imunisasi.

Padahal hal tersebut merupakan salah satu faktor yang dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya pada bayi, Imunisasi dapat mengurangi resiko terkena virus dan bakteri berbahaya meskipun tidak 100%.

Ketiga Kurangnya Asupan Vitamin A

Vitamin A penting di miliki dan dicukupi oleh bayi, Kurang nya vitamin A terutama pada bayi dengan lahir prematur meningkatkan resiko infeksi radang paru paru pada bayi baru lahir.

Keempa Faktor Lingkungan

Lingkungan yang dingin, tinggi polusi pabrik, lingkungan dengan asap roko sangat berpengaruh terhadap infeksi pneumonia radang paru paru basah, Udara yang tidak kondusif memudahkan penyebaran radang paru paru pada bayi.

Baca Juga:

Penyebab Radang Paru Paru Pada Bayi Baru Lahir

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *